Surat ‘Love Yourself: BTS’ dalam Bon Voyage Season 3

Pada episode terakhir Bon Voyage season 3 episode 8, para member membuat surat untuk diri mereka sendiri. Dan inilah isinya…

Jin

“Sebuah surat untuk diriku dimasa depan.”

Hallo, Mr Jin. Aku tidak tahu berapa usiamu tapi aku menulis surat untuk diriku sendiri di masa depan berapa tahun telah berlalu. Aku ingin menanyakan padamu jika kamu bahagia seperti aku di tahun 2018, aku sangat bahagia di tahun 2018, apa kamu ingat?.

Banyak orang yang menyukaiku dan banyak orang-orang baik di sekitarku, aku tidak tahu apa yang aku lakukan untuk menerima semua ini tapi mari kita melakukan hal-hal yang baik dalam kehidupan ini dan hidup bahagia di kehidupan berikutnya lakukan hal-hal yang baik.

Baca Juga : Kemenangan BTS di “2018 MGA” MBC Plus X Genie Music Award

Aku merasa seperti aku sudah mulai menjadi tua, aku penasaran betapa lemahnya aku di masa depan. Aku masih muda tapi aku punya beberapa keriput di dahiku, kumisku telah menjadi lebih tebal dan tubuhku sakit sebelum hujan. Mungkin di masa depan akan lebih buruk, aku akan menjadi lemah tapi aku akan bekerja keras untuk saat ini. Jujur, masih banyak yang harus aku tingkatkan ketika bernyanyi dan menari, aku akan mencoba lebih keras untuk mencoba mengejar mereka, harap mengerti.

Terkadang aku menutup mataku dan membayangkan masa depan, aku berharap hidupku akan seperti hidupku yang sekarang. Sekarang ataupun nanti aku akan terus mencintai diriku, mari kita terus melakukan yang terbaik, fighting!!.

04 Agustus 2018, Kim Seok Jin.


J-Hope

“Surat untuk diriku sendiri saat ini.”

Untuk J-Hope

Tanda ~ gambar love

Hope, simbol harapan, personaliti yang cerah dan positif. Dengan energimu, kamu dapat membuat pengaruh positif kepada orang-orang, setiap hari merupakan hari yang bermakna. Aku menulis untuk diriku sendiri saat ini.

Dari seorang bocah dari Gwangju yang tidak mempunyai apa-apa sampai sekarang, kamu telah melewati semua hambatan dan membuat mimpi menjadi kenyataan ketika kamu menyebarkan energi positif untuk orang lain, masa-masa sulit ketika aku telah dikalahkan, sakit dan kelelahan. Semua saat-saat itu sekarang menjadi kenangan yang indah bahkan membuatku dapat tertawa mengingatnya kembali, haha.

Baca Juga : Keseruan Cuplikan BTS Bon Voyage Season 3 (Ep. 7)

Aku harap aku dapat seperti sekarang dan tetap sehat. Selalu berterima kasih kepada penggemar yang mencintaimu, percayalah kepada para member dan sayangilah mereka. Mari kita membuat lebih banyak kenangan indah, cintai dirimu dan percaya kepada dirimu, aku benar-benar mencintaimu J-Hope.


Jungkook

“Surat untuk diriku di masa depan.”

Hei, Jungkook kabarmu baik bukan?

Aneh sekali memanggil namaku sendiri. Aku dapat menulis ke masa lalu dan sekarang tetapi karena aku tahu masa lalu dan saat ini aku masih sangat muda dan harus belajar banyak, jadi karena itu aku menulis untuk di masa depan.

Aku tidak tahu aku telah menjadi seperti apa dari diriku saat ini sampai nanti. Apa yang ada dipikiranmu, aku tidak tahu. Ya, kita membangun sendiri masa depan dan itu tidak akan berubah, tetapi aku gugup karena aku mungkin tidak dapat membuatmu bahagia nanti, aku tidak percaya diri sekarang.

Jadi ketika kita mendapatkan kesempatan untuk shooting di luar negeri dan waktu itu aku melihat bintang jatuh. Aku membuat permintaan yang ingin aku beritahukan ke kamu. Apapun yang terjadi, aku mau agar kamu bahagia, aku berdoa dengan mengepalkan tanganku aku benar-benar berharap bahwa mimpi menjadi kenyataan.

Baca Juga : Gaya Baru V BTS, Terlihat Seperti Pangeran

Aku tahu darimana asal dari kecemasan ini tapi aku takut tak bisa menyingkirkannya sekarang. Jadi aku minta satu hal, apapun yang terjadi di masa depan, apapun yang kamu lakukan di masa depan, tetaplah bahagia. Semoga kamu dipenuhi dengan suka cita. Dan jika bisa, tulislah surat untukku dari waktu ke waktu.

Dari Jungkook di masa lalu di Malta.

4 Agustus 2018.


 

RM

“Sebuah surat yang sedih.”

To. RM

Sedih sekali karena ada banyak hal yang membuatmu sedih sehingga kamu tidak bisa menikmati waktu. Belakangan ini kamu sering berpikir untuk melarikan diri ketika hal-hal yang kamu hargai menjadi tidak penting, menurutku itulah hal paling menakutkan.

Kamu hidup dalam kekhawatiran dan pikiran yang mungkin merupakan bagian dari takdirmu. Ingat, kamu juga dapat pecah. Dan akui, hidup itu seperti ini. Kamu lahir dengan takdir seperti ini, jadilah orang yang dapat membawa dirimu bukan yang memecahmu. Aku yakin semua orang di sini memiliki sisi besar maupun kecil tapi aku mungkin ditakdirkan untuk hidup seperti ini, mungkin.

Aku terus berpikir tentang rumah dan Korea selama dua minggu ini, tetapi aku tahu tempat itu bukanlah rumah. Aku ke studio sendiri sebelum matahari terbit, aku terus berjalan bolak-balik sambil berpikir banyak. Kamu bisa! Kamu sudah melakukan pekerjaan baik, kamu sudah hidup sebagai orang dewasa yang berhasil. Aku ingin menepuk bahuku sendiri.

Baca Juga : BTS Notes (HYYH) Love Yourself: Answer 

Jangan khawatir, ketika kita tumbuh maka bayangan itu pun akan semakin besar tetapi aku tahu kamu tidak ingin kembali menjadi kecil. Aku tahu air mata dan dedikasimu, bahkan jika tidak ada yang tahu itu, aku tahu itu. Kerjamu bagus dan cintai dirimu, semoga semua kekhawatiran ini akan hilang seperti masa pubertas yang berlalu.

Dari Namjon.


Jimin

“Surat untuk diriku.”

Park Jimin

Hei, bagaimana kabarmu?

Aku tidak memiliki banyak hal untuk dikatakan. Aku sangat senang di Malta, angat menyenangkan jika semua orang ada disini. Aku diberitahu untuk menulis surat untuk diriku sendiri dan ini tidak mudah.

Hal yang selalu ingin ku katakan tidak mudah untuk menjadi bahagia denagn semua yang kita lakukan. Aku yakin kamu tahu itu, tapi aku sangat berharap kamu bahagia dan tetaplah sehat. Selain itu, aku ingin kamu melakukan hal yang ingin sekali kamu coba selama ini. Tunjukan apa yang ingin kamu tunjukan, karena itu kamu harus menjaga kesehatanmu, aku yakin kamu juga tahu itu.

Dan jangan terlalu kaku, jangan menyimpan semua itu sendiri. Katakan pendapatmu sejujurnya, apa kamu suka atau tidak. Jangan berpikir terlalu banyak, penting untuk berhenti berpikir sejenak. Aku tahu kamu ingin mengadakan konser, itu semua akan segera tiba, bersabarlah.

Bersiaplah satu per satu seperti yang telah kamu lakukan. Aku tidak yakin apa yang harus aku katakan, karena itu kata-kataku berantakan. Tetapi hal yang ingin aku katakan adalah beradalah di samping orang dekatmu dan terus lakukan hal yang kamu inginkan, lakukan segala sesuatu yang kamu inginkan karena itu pasti terjadi di suatu saat, jangan terus mengeluh.

Itu saja yang ingin aku katakan. Selamat menikmati malam terakhir di Malta. Katakan kepada para member untuk menyapa Suga.


V

“Surat untuk Taehyung dan Army.”

Aku tidak tahu apa yang harus kukatakan. Dalam perjalanan ini, yang aku banggakan adalah selamat untuk busking pertama kalimu. Aku selalu ingin mencoba itu dan akhirnya dapat aku lakukan di Malta. Dengan sedikit alkohol dan sedikit mabuk, penampilanku tidak begitu bagus tapi aku menikmati busking ,aku sangat bahagia.

Dan perjalanan ini sangat banyak membantuku dengan menghabiskan waktu bersama para member, melakukan hal-hal menyenangkan, kamu suka kan?. Taehyung, jangan sampai sakit, tetaplah sehat dan bahagia, mari kita bahagia. Seperti sekarang, menjaga semua orang disekitar bahagia dan sehat, hiduplah dengan bahagia. Para member dan keluarga, dan semua orang yang penting dalam hidupku, aku ingin melihat mereka tersenyum.

Baca Juga : Teori Mv BTS ‘IDOL’

Mari kita buat kenangan indah. Aku tidak pernah lupa bahwa ARMY akan selalu ada untukku dan aku selalu berterima kasih untuk mereka. Aku akan membayar mereka kembali cinta dan dukungan itu. Tentu saja cinta dan dukungan yang kudapatkan sangat luar biasa, tidak mungkin untuk dapat membayar semuanya kembali.

Mari kita bekerja keras untuk memuaskan penonton. Berjuanglah! Untuk para penggemar. Lakukan yang terbaik untuk pertunjukan dan konser. Tetap terus bersama selamanya bro!!.


Suga

“Surat untuk Suga dari Suga.”

Suga, sudah lima sampai enam tahun sejak debut. Kau menduduiki peringkat pertama di Billboard dan memenangkan penghargaan di sana, kau telah melakukan banyak hal. Melakukan sesuatu yang diluar perkiraanmu, semacam ada beban di pundakmu, di sisi lain ini membuat aku takut.

Jika ada orang-orang yang telah mengalami ini kita juga dapat mendapatkan beberapa saran, aku mendapatkan masukan dan dorongan. Tapi situasinya tidak begitu, sehingga membuat kita menjadi cemas. Yah, kau tahu, banyak orang yang mengatakan kita harus menikmati seluruh momen tapi menikmati setiap momen itu merupakan hal yang paling sulit. Yah, sulit untuk menikmati itu.

Baca Juga : Teori BTS Singularity

Aku berharap aku tidak akan jatuh sakit karena semua prestasi ini, tenanglah. Banggalah jadi dirimu sendiri. Tetap bahagia. Ini adalah sebuah pesan untuk seseorang penyanyi selama enam tahun. Menjalani kehidupan seperti Suga dari BTS penting, tapi… Hidup sebagai Min Yoongi, Agust D.. juga penting. Ingatlah ini, carilah keseimbangan diantaranya.

One thought on “Surat ‘Love Yourself: BTS’ dalam Bon Voyage Season 3”

  1. Hey, you used to write magnificent, but the last few posts have been kinda boringK I miss your tremendous writings. Past few posts are just a little bit out of track! come on!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *