Pesan BTS dari Sudut Pandang Seorang Guru Korea

Artikel yang ditulis oleh seorang guru bernama Miri Choi mengatakan, bahwa sejak dulu musik telah terdiri dari ‘balada cinta’. Menurut analisis Profesor Han Sung-woo (한성우) lirik lagu Korea dari tahun 1920 hingga 2016 menunjukkan hal ini dengan sangat jelas.

Kata-kata yang paling sering digunakan dalam lagu-lagu Korea adalah “나 (Aku),” “너 (Kamu),” dan “사랑 (cinta).” Kata ganti orang “aku” dan “kamu” sudah digunakan masing-masing 229.000 dan 128.000 kali.

Mengikuti ini, kata “cinta” digunakan berkali-kali lipat dibandingkan dengan kata benda lain (82.000 kali), dan 65,22% dari semua lagu Korea mengandung kata “cinta.”

 

Baca Juga : Birthday Jin BTS Menggemparkan Worldwide Trending

Dari ini, kita dapat mengumpulkan bahwa sebagian besar lagu Korea adalah “kisah cinta tentang Kamu dan Aku” Meskipun melodi berbeda, pesannya tetap sama.

1. Apa yang BTS Nyanyikan?

Dalam konteks ini, analisis lirik Bangtan Boys (BTS) dibandingkan dengan penyanyi lainnya sangat menarik.

Dalam lirik penyanyi lain, kata ‘cinta’ sering muncul. Namun, BTS banyak menyanyikan tentang “Aku,” “Kita,” dan “Masyarakat.”

2. Keaslian BTS

Tak terhitung banyaknya wartawan yang mengakui keberhasilan BTS pada ketulusan kelompoknya dalam menempa jalan baru. Menurut kolumnis Billboard Jeff Benjamin, K-pop dianggap “musik yang diproduksi massal di pabrik” di Amerika.

Baca Juga : Teori Tersembunyi BTS dalam Acara Melon Music Award (2018 MMA)

Tetapi BTS berjalan di jalur yang berbeda dari grup idola lainnya. Dari debut mereka, setiap anggota masing-masing memiliki tulisan tangan (lirik), menyusun, dan memproduksi musik mereka, dan mungkin karena ini, mereka telah menyanyikan “kisah mereka” sejak awal.

Mereka mulai menceritakan kisah-kisah pribadi mereka tentang pertumbuhan di album pertama mereka. Tiga dari album awal mereka yaitu:

  • 2 COOL 4SKOOL
  • SKOOL LUV AFFAIR
  • O!RUL8,2?

adalah bagian dari proyek yang lebih besar “School Trilogy”  (학교 3 부작) yang mencakup masalah kehidupan sekolah. Alasan untuk ini adalah karena sebagian besar anggota masih seorang pelajar pada waktu itu.

Tentang hal ini, CEO Bang Si-hyuk dari Big Hit Entertainment, perusahaan rekaman yang berafiliasi dengan grup, muncul di program TV dan berkata, “Pada saat itu, orang-orang berpikir bahwa konsep mereka sebagai ‘murid pemberontak’ sudah ketinggalan zaman. Ia menerima banyak kritik. Tapi saya pikir itu lebih penting daripada apa pun yang mereka ceritakan pada kisah mereka sendiri. ”

Sikap keras kepala mereka terhadap keaslian akhirnya dikomunikasikan dengan penggemar lewat sebuah lagu.

3. “Kita Harus Berbahagia”

Beberapa hari yang lalu, aku menonton film dokumenter BTS “Burn the Stage: The Movie.” Aku menontonnya dengan maksud untuk menganalisis pesan BTS, tetapi aku sangat terkesan dengan sikap Bang Si-hyuk, yang muncul hanya sekitar satu menit dalam film.

Baca Juga : BTS Kyocera Dome, Osaka. Tiga Hari Konser Spektakuler!!

Selama tur World World 2017, Bang Si-hyuk bertemu dengan BTS di sebuah kamar hotel. Dia punya kabar baik untuk mereka.

Bahwa kemungkinan mereka tampil di AMA (American Music Awards) telah meningkat. Sebelum mereka punya waktu untuk merayakan, bagaimanapun dia langsung mengingatkan mereka tentang “kebahagiaan.” Dia menekankan bahwa setiap anggota harus bahagia. Dia memberi tahu mereka bahwa jika mereka tidak bahagia, maka pesan yang ingin mereka sampaikan dan kebahagiaan yang mereka coba ajukan kepada orang lain itu tidak akan berhasil. Wajah para member menjadi serius pada kata-kata bang PD-nim. Adegan ini hanyalah klip pendek di film.

4. Hidup Menjadi Lirik

Anggota BTS telah menulis lirik untuk lebih dari 90% dari lagu-lagu mereka. Apa yang mereka pikirkan dan rasakan diubah menjadi lirik. Karena itu, lirik grup sangat berarti bagi penggemar terutama fandom resmi mereka yaitu “ARMY (아미).”

Ketika lagu BTS baru keluar, Army tanpa lelah menerjemahkan lirik dan menganalisisnya satu per satu. Karena BTS menulis lirik mereka sendiri, gaya dan kepribadian individu mereka dapat ditemukan di seluruh lagu mereka.

Army pun sangat memperhatikan hal ini. Misalnya, anggota BTS Suga menggunakan gaya bicara yang sederhana dan langsung. Di sisi lain, sang leader RM suka berbicara melalui metafora. RM, yang semula berencana menjadi penulis, telah menghapus kalimat dari “Demian” Hermann Hesse dan puisi Kim Chun-soo, “Flower”. Fans yang mengonsumsi konten BTS menikmati jenis lapisan tambahan ini untuk musik. Ini juga menunjukkan kekuatan konten yang dibuat langsung oleh para member.

Baca Juga : Pesan dalam MV BTS “IDOL”

5. Menyanyi bukan tentang “Aku”, tapi tentang “Kita”

Dalam wawancara penggemar, ada banyak penggemar yang mengatakan bahwa komunikasi yang mereka rasakan dengan musik BTS adalah satu-satunya sumber kenyamanan mereka. Wartawan, baik domestik maupun internasional, telah mencatat bahwa pesan-pesan sosial yang terkandung dalam lirik BTS sangat penting dalam menarik simpati penggemar.

Billboard mengatakan “Sebagian besar kelompok K-pop ragu untuk memasukkan topik kontroversial ke dalam musik mereka, tetapi BTS telah berurusan dengan sejumlah masalah berat, termasuk kesehatan mental, bullying, dan bunuh diri”.

Billboard lebih lanjut menilai bahwa, “Pendekatan tidak konvensional ini telah meningkatkan popularitas BTS di Amerika Serikat” dan ini sejalan dengan filosofi CEO Bang Si-hyuk sendiri.

Dia menyatakan, “Dengan membuat musik yang benar untuk siapa mereka, BTS telah dapat berkomunikasi dan tumbuh bersama generasi mereka. Mereka telah menunjukkan bahwa jika mereka bernyanyi tentang tema universal, hambatan dan xenophobia budaya dapat diatasi untuk berkomunikasi dengan khalayak global. ”

Baca Juga : Bagaimanakah Menjadi A.R.M.Y BTS ?

Kompetisi yang semakin mendalam dan alokasi yang tidak adil dalam kehidupan menyebabkan kecemasan dan depresi yang tidak hanya untuk Korea, tetapi sebaliknya adalah fenomena universal.

Di tengah rezim neoliberal dunia yang kompetitif, BTS telah membuktikan bahwa pesan dari seorang pemuda dapat menjadi suara bagi seluruh generasinya.

Baca Juga : Cuplikan Keseruan BTS Bon Voyage Season 3 (Ep. 6)

Kisah mereka adalah kisah saya, dan kisah saya adalah kisah kami. Dan inilah alasan mengapa satu grup Korea BTS dapat membuat dan membawa kita merasakan kenyamanan.

Adapun yang menjadi viral adalah ARMY yang membuat lagu “Answer: Love Myself [English ver.]”  yang ditujukan untuk BTS. Simak videonya berikut:

Isi lagunya menceritakan bahwa BTS telah menolong banyak Army di dunia.

Lirik Trans:

Setiap malam saya berpikir sendiri

Di mana ujung dari rasa sakit ini, akan berakhir

Sepanjang hari-hari buruk ketika air mata ini tidak berhenti

Anda memberi saya harapan dan jawaban yang saya butuhkan

 

Jalur bunga yang kita lalui bahkan lebih kasar dari biasanya

Tetapi Anda selalu berjalan maju dengan senyuman

Apakah itu nyata atau apakah itu palsu tidak ada yang tahu dan tidak ada yang peduli

Dunia dulunya penuh cinta tapi sekarang itu kebencian

Oh ya, kami berdua tahu, bahwa kami tidak memiliki siapa pun kecuali satu sama lain

Dan kita semua tahu, akhir yang bahagia ada untuk kita,

Pegang tanganku dan aku akan memegang tanganmu

Percayalah pada saya dan Anda akan tahu

Bahwa Anda layak mendapat lebih banyak

(Lampu-lampu ini tidak adil, tidak ada)

 

Saya melihat cahaya di mata Anda yang memicu harapan yang akan bertahan

Bahkan ketika kita jatuh ke kegelapan

Anda mengajari saya cinta dan berjuang untuk diri sendiri ketika saya tersesat

Tundukkan kepalamu karena kami akan bersamamu sampai akhir waktu

Anda telah menunjukkan saya, saya punya alasan saya harus mencintai diri sendiri

Tidak apa-apa bahkan jika saya jatuh dan jatuh lagi

Ini tidak memalukan dan saya akan baik-baik saja

Saya tidak akan menyerah

(Anda telah mengajari saya bagaimana mencintai diri sendiri)

Saya harap Anda mencintai diri sendiri seperti I PURPLE YOU ~

3 thoughts on “Pesan BTS dari Sudut Pandang Seorang Guru Korea”

  1. Itulah mengapa saya sangat menyukai BTS, dari kecil saya sudah tau Kpop namun hanya suka begitu saja. BTS berbeda, saya sangat tertolong dalam menghadapi depresi saya. Lirik lagu dan pesan melodi itu tersampaikan dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *