Bagaimanakah Menjadi A.R.M.Y BTS ?

9 july 2013..
Hari dimana BTS memberi nama fans mereka dengan nama A.R.M.Y
Dan tanggal 1 Oktober di resmikan sebagai ARMY DAY.

ARMY Terimakasih waktunya untuk segala hal yang kalian lakukan untuk BTS.

Terimakasih sudah menjadi bagian dari keluarga BTS.

Terimakasih untuk bergiga giga kuota yang kalian gunakan untuk BTS.

Terimakasih sudah mendukung BTS sampai BTS menjadi seperti sekarang ini.

Terimakasih karena sudah mencintai BTS dengan tulus.

Terimakasih telah menyemangati BTS, terimakasih sudah berjuang untuk BTS.

A.R.M.Y bukan tentang siapa yang bergabung dari awal, tetapi tentang siapa yang bergabung dan tak keluar serta menepati janjinya.

Untuk A.R.M.Y yang aku cintai melebihi apapun, terimakasih karena masih bertahan suka maupun duka.

Kali ini kita akan membahas “Bagaimana caranya menjadi ARMY yang baik?”

ARMY adalah sebutan fans dari BTS (방탄서년단). Jadi ARMY yang baik yang pertama kali harus dilakukan adalah menjaga attitude, karena ARMY is the face of Bangtan, our behaviour is BTS image.

Baca Juga : MV ‘IDOL’ VS YOUTUBE. Ada apa dengan Youtube ??

Apa Itu ARMY?

ARMY disini merupakan nama resmi fansclub BTS yang diumumkan di fancafe pada 9 Juli 2013 lalu. Nama ARMY ini gak sembarangan dipilih. Selain simple dan mudah diingat, ARMY juga punya beberapa arti yang mengagumkan, penjelasan lengkapnya klik => Apa itu ARMY BTS ??

Bagaimana Attitude ARMY?

  1. ARMY yang Selalu Mendukung BTS
    ARMY akan selalu mendukung BTS apapun, kapanpun, dimanapun. Meskipun tidak aktif melakukan Voting, Streaming, dll. ARMY cukup dukunglah BTS dengan cara kalian sendiri, cintailah BTS dengan kekurangan dan kelebihannya, kumohon hargai mereka.. hargai privasi mereka dan jangan membanding-bandingkan mereka, cintailah ketujuh member BTS tanpa meninggalkan salah satunya.

Itulah ARMY yang sejati.

  1. ARMY yang Selalu Berpikiran Positif
    Hal ini gampang sekali untuk diucapkan, tetapi sangat sulit untuk dilakukan. Banyak hal yang mungkin akan berusaha membuat kita ragu apakah yang kita lakukan itu benar atau salah. Masih sering kita jumpai ARMYs yang berpikiran positif terhadap apapun berita-berita buruk yang tengah melanda BTS dan bahkan memberikan semangatnya untuk meyakinkan agar yang lainnya tetap berpikiran positif dan selalu mendukung BTS.
  2. ARMY yang Say No to Fanwar & Mature
    Istilah semakin tinggi pohon, semakin kencang pula angin yang menerpanya. Semakin tinggi popularitas BTS, maka akan banyak oknum-oknum (haters/antis) yang akan berusaha untuk menjatuhkannya. Dan disitulah ARMYs sangat dibutuhkan untuk melindungi BTS. Mengapa? Karena ARMY adalah anti peluru yang siap melindungi BTS dari ancaman para haters.
    Seperti yang sudah kita ketahui bersama, sudah banyak kasus yang memancing fanwar dan bahkan sudah ada yang terpancing. Kenapa harus terjadi?
  3. ARMY yang Intellectual
    Kalau sudah menyatakan diri sebagai ARMY, maka artinya siap juga untuk berpikir dan nyiapin otak ekstra. Karena BTS dan Bighit sudah menyiapkan segudang teori yang siap menjejali kita kapanpun bahkan sebelum kita mempersiapkan diri. Yaah,,, ARMY memang sudah dikenal sebagai fans yang selalu memikirkan teori dan suka berteori. Lewat BTS, kita diajarkan untuk suka membaca, suka berpikir kritis (jangan sampe koma ya) untuk memecahkan teori-teori dalam setiap MV, lagu, album, foto, dll.
  4. ARMY yang Kreatif & Innovatif
    Bukan hanya BTSnya saja yang berjiwa seni, ARMY pun memiliki jiwa seni pula. Banyak Fanartist luar biasa bermunculan. Karya-karya mereka bagus dan tidak kalah dengan yang sudah kelas profesional. Selain fanartist, ada juga para pemecah teori-teori yang luar biasa menguras pikiran, darah, keringat dan air mata. Ada juga dance cover & sing cover yang gerakan dan suaranya keren banget.
  5. ARMY yang seorang Pejuang
    ARMY berjuang dengan menggunakan tenaga, waktu, dan harta (pulsa, kuota, dan uang) sebagai bentuk kecintaannya kepada BTS. Setiap album keluar, beli. Itu adalah perjuangan untuk menghemat uang saku apalagi yang memang susah untuk menabung.
    Setiap ada lagu baru, stay semua gadget yang dimiliki buat Streaming. Itu sebuah perjuangan juga. Belum kalau kuota habis pasti berasa hidup tanpa tujuan, beda ceritanya sama yang wifi. Kalo wifi mungkin kesabarannya diuji kalo jaringan lagi susah. Perjuangan melek juga karena BTS mengupload lagu dan mv baru di tengah malam. Apalagi buat teman-teman ARMYs yang memang sejatinya bukan kalong, itu perjuangan luar biasa untuk menahan kantuk, dll. Sedia dan setia setiap saat jikalau ada voting masal mendadak.

Baca Juga : Deretan Penghargaan BTS saat Comeback “IDOL”

Hal Negatif yang Tidak Boleh Dilakukan oleh ARMY

  1. ARMY Abal-abal
    Memang sebagai ARMYs tidak dituntut untuk selalu suka dengan apa yang dilakukan dengan BTS. Bahkan mungkin harus ada kritikan membangun yang dapat membuat BTS menjadi lebih hebat nantinya. Tapi ingat, kritikan-kritikan itu bukan hanya hal-hal yang ‘kurang’ saja yang disampaikan, tetapi juga menyatakan hal yang baik, dan akan lebih bagus dengan menggunakan saran juga.
  2. ARMY Sesaat & Hanya Ikut Trend
    Memang tidak ada tuntutan menjadi ARMYs itu harus selamanya. Ada masanya sampai kita benar-benar bisa lepas dari pengaruh BTS. Ada yang masuk ARMY biar dibilang gaul, populer, tapi cuma bertahan 3 bulan dan menghilang gitu aja.
  3. ARMY yang Suka Fanwar & Immanture.
    Sedih banget kalau melihat ada seseorang yang mengatasnamakan ARMY untuk menjelek-jelekan idol lain. Begini yah… Babang BTS aja have fun, nyaman, berteman, bahkan bersahabat dengan idol lain, terus kenapa malah “ARMY” berkata buruk tentang mereka?.
    Jika ada pihak lain yang menjelek-jelekan BTS dan ARMYs, jangan langsung terpancing emosi. Selidiki dulu yang benar itu yang seperti apa. Jangan menelan informasi mentah-mentah. Hal inilah yang menyebabkan fanwar biasanya terjadi.
    ARMY yang baik adalah ARMY yang selalu tahu kapan SUPPORT without questioning, UNDERSTAND without asking and RESPECT without doubting.
    ARMY yang baik adalah ARMY yang selalu mendukung dan men-support BTS kapan saja.
    ARMY yang baik adalah ARMY yang gak pernah/ gak suka Fanwar.
    ARMY yang baik adalah ARMY yang gak selalu terpancing emosinya.
    ARMY yang berkelas adalah ARMY yang tidak mudah terhasut oleh rumor murahan.
    ARMY yang berkelas adalah ARMY yang tetap dan selalu fokus kepada BTS.
    ARMY yang berkelas adalah ARMY yang selalu menjaga solidaritas
    JADILAH ARMY YANG SWAG, INTELLECT, AND CLASSY….

Baca Juga : BTS Note SEOKJIN EPIPHANY

Ini adalah salah satu surat yang ditulis seorang ARMY untuk BTS tercinta.

“Untuk alasan yang tak kuketahui, aku tak memandang kalian sebagai artis. Perasaanku jauh lebih dalam dibanding rasa cinta penggemar pada idolanya.
Kalian hidup. Kalian seolah menemaniku. Kalian seolah menyemangatiku, meski bahasa kita berbeda. Kalian temanku. Kalian adalah segalanya.
Pemikiran bocah labil dan norak sepertiku pastilah begitu. Hanya artis, artis dan artis. Berharap bahwa bisa memiliki sang idola seutuhnya, tanpa pikir bahwa saingan begitu banyak~
Aku… paham.
Ini salah.
Kau tak pernah memandangku secara langsung. Aku bahkan ragu, apakah kau sadar aku hidup atau tidak? Apa kau pernah membaca komentarku di postingan mu, atau tidak pernah sama sekali.
Berapa banyak hati yang sudah kusakiti hanya demi mengharapkan kalian ‘hidup’? Berapa banyak waktu yang terbuang sia-sia, hanya untuk mengetahui kehidupan kalian? Berapa banyak pekerjaan yang terbengkalai hanya demi kalian, yang bahkan tak sadar aku hidup atau tidak?
Kita saling tak mengerti bahasa satu sama lain. Kita hanya berbicara lewat lirik yang ada di lagu-lagu mu.
Sedikit demi sedikit, aku belajar. Annyeong haseyo, gomawo, gamsahamnida.
Demi apa? Demi mengetahui arti postingan mu, demi membalas postinganmu, demi melindungimu dari komentar jahat dari fans lokal mu.
Demi Tuhan. Mengapa harus aku yang merasakan ini semua? Seolah aku harus melindungi kalian dari seluruh komentar jahat yang akan membuat hati kalian sakit.
Padahal ~ hey. Semua itu ditujukan hanya pada kalian. Lantas mengapa instingku berjalan untuk melindungi kalian? Apakah itu artinya aku sangat menyayangi kalian?
Kumohon.
Sekali pun kau tak menyadari aku ada, tetaplah berkarya. Sekali pun masa kontrak mu akan habis, ingatlah bahwa kau pernah menjadi bagian hidupku. Sekali pun beberapa waktu kedepan aku berubah pikiran untuk tidak lagi mencintaimu, jangan pernah berhenti melangkah maju kedepan”.


Teruntuk Bangtan Sonyeondan.

Dari ARMY

Dira..


Cr : source BAIA, Army base

4 thoughts on “Bagaimanakah Menjadi A.R.M.Y BTS ?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *